Cara Mendesain Rumah Sendiri dengan Mudah dan Murah

Desain rumah merupakan sesuatu yang penting untuk dirancang sebelum Anda membangun rumah. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mendesain rumah sendiri.

Rumah merupakan sebuah bangunan yang memiliki beragam arti. Bahkan ada pula ungkapan yang menyatakan “rumahku, surgaku”. Tak heran jika rumah dirancang sedemikian rupa agar penghuninya nyaman. Jika Anda bermaksud membangun rumah tanpa bantuan arsitek, jangan khawatir. Dibawah ini akan diulas bagaimana cara mendesain rumah sendiri.

Desain rumah yang baik adalah yang mampu memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari serta menarik untuk dipandang. Anda dapat membuat desain rumah sendiri yang sesuai dengan keinginan serta anggaran, meskipun Anda bukan arsitek. Simak penjelasan dibawah ini yang mengulas tentang cara mendesain rumah sendiri dengan mudah.

1. Mencari referensi

Anda perlu mencari referensi desain dari berbagai konsep agar mudah menentukan seperti apa rumah yang diinginkan. Selain itu, mencari referensi juga akan memperkaya ide-ide Anda saat merancang desain rumah. Anda tak perlu repot dalam mencari referensi, karena ada banyak sumber yang dapat digali, misalnya dari majalah, media sosial ataupun rumah-rumah yang Anda kunjungi.

2.Menentukan Konsep Rumah

Setelah memiliki referensi yang cukup, tentukan konsep rumah seperti apa yang Anda inginkan. Konsep ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga serta anggaran yang Anda miliki. Kini, konsep rumah terinovasi menjadi beraneka ragam. Contoh dari konsep rumah adalah konsep minimalis, industrial, tropis dan lain sebagainya.

3. Membuat rancangan

Setelah mendapatkan konsep, mulailah membuat denah. Anda bisa memulainya dengan membuat sketsa di kertas. Jangan lupa untuk membuat pengukurannya. Setelah memiliki gambaran, Anda bisa memindahkan rancangan tersebut ke aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang memudahkan Anda dalam merancang sebuah desain rumah, salah satunya adalah

Langkah dalam membuat rancangan dimulai dengan menentukan jumlah ruangan beserta ukurannya, melakukan pembagian ruangan serta menambahkan furnitur sesuai kebutuhan. Tentukan pula dimana pintu, jendela dan ventilasi akan diletakkan.

4. Melakukan Evaluasi

Setelah tahap diatas terlewati, cara mendesain rumah sendiri yang selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan bersama dengan keluarga Anda. Dengan mendiskusikan bersama keluarga, Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan dari desain yang telah Anda rancang serta permintaan dari keluarga.

Demikian cara mendesain rumah sendiri. Langkah ini akan Anda lalui dengan mudah asalkan diingi dengan niat memiliki rumah yang ideal. Jika Anda membutuhkan konsultasi, jangan ragu untuk mengkonsultasikan rancangan Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s